Tips Zero Waste Pet – Anjing Peliharaan

Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tips zero waste pet untuk kucing peliharaan, pada artikel ini kita akan membahas tips zero waste untuk anjing peliharaan. Karena seperti yang kita lihat, tidak sedikit yang menjadikan anjing sebagai hewan peliharaan, mungkin kalian salah satu diantaranya.

Sama halnya dengan kucing, memelihara anjing juga akan menimbulkan sumber masalah sampah di rumah, dari makanannya ataupun sampah poopnya. Sehingga kita juga perlu mengetahui tips zero waste untuk anjing peliharaan untuk meminimalisir sampah yang dihasilkan.

1. Beli makanan di Bulk Store

Makanan anjing menjadi salah satu sumber sampah yang dihasilkan oleh anjing peliharaan. Bagaimana makanan anjing bisa menjadi sampah?

Setiap anjing memiliki karakteristik yang berbeda-beda, baik berdasarkan umur maupun spesiesnya (alaskan malamute, akita, beagle, dan lain-lain). Tentu kebutuhan makanannya pun akan berbeda-beda. Kebanyakan dari kita tidak mengetahui makanan yang tepat untuk mereka, sehingga makanan yang sudah kita beli tidak dimakan dan terbuang begitu saja.

Atau ketika ngumpul dengan doggie lovers, teman-teman kita sharing mengenai berbagai makanan anjing berkualitas yang mereka gunakan. Namun belum tentu cocok dengan anjing kita, alhasil makanan anjing tersebut kembali menjadi sampah.

Maka dari itu, ketika membeli makanan anjing, kalian bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya (dokter hewan) untuk mengetahui makanan anjing yang tepat untuk anjing kalian, kemudian beli makanan di bulk store. Bulk store adalah toko yang sudah menerapkan konsep zero waste, biasanya produk-produk yang dijual juga ramah lingkungan, berasal dari bahan-bahan alami, dan tidak dikemas dengan kemasan plastik.

Disini kalian bisa membeli makanan anjing sesuai dengan kebutuhan, baik dalam jumlah yang sedikit atau banyak. Mungkin di awal mencoba sebuah jenis makanan anjing bisa dibeli dengan jumlah yang sedikit dulu, jika cocok dengan anjing kalian, barulah dibeli dengan jumlah yang lebih banyak.

Dengan begitu makanan anjing tersebut tidak akan menyebabkan sumber sampah di rumah. Jika kalian masih penasaran dengan bulk store? Kalian bisa baca artikel sebelumnya mengenai bulk store, toko dengan konsep zero waste lifestyle.

2. Memanfaatkan Bahan Makanan Herbal

Zero waste tidak hanya berbicara mengenai kehidupan nol sampah, tetapi zero waste juga mengajarkan kita tentang hidup yang lebih sehat. Tidak terkecuali untuk anjing peliharaan kalian.

Untuk membuat anjing menjadi lebih sehat, kalian bisa memanfaatkan beberapa bahan makanan herbal, misalnya kunyit sangat bagus untuk memperkuat sistem kekebalan anjing dan mencegah rasa nyeri artritis.

Atau kulit salmon memiliki sarat dengan Omega-3 yang dapat membuat kulit anjing peliharaan kalian menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai permasalahan kulit.

Selain membuat anjing menjadi lebih sehat, hal ini juga akan membuat kita menjadi lebih hemat kan? Kita tidak perlu lagi datang ke bulk store untuk membeli makanannya.

3. Buang Kotoran Dengan Benar

Kotoran yang dihasilkan oleh anjing menjadi salah satu sumber sampah di rumah. Bau yang ditimbulkan tentunya juga sangat mengganggu kenyamanan keluarga. Kotoran anjing juga tidak dapat di kompos atau dijadikan pupuk organik, karena mengandung berbagai bakteri berbahaya yang menimbulkan berbagai penyakit. Kalaupun terpaksa harus dikompos, komposnya terpisah dan jangan digunakan untuk mencampuri tanah dari tanaman untuk konsumsi.

Satu hal penting yang perlu diperhatikan yaitu tidak boleh mencampurkan limbah hewan peliharaan dengan limbah makanan karena pupuk yang dihasilkan dari limbah hewan tidak dapat digunakan kembali dan merusak berbagai sumber daya, misalnya air bersih.

4. Selalu Jaga Kebersihan

Bagi kalian yang sangat menyukai anjing, memeliharanya memang sesuatu yang sangat menyenangkan. Tetapi bulu-bulu yang rontok dan tersebar ke seluruh penjuru rumah tentu akan membuat kalian jengkel. Benar nggak?

Bulu-bulu tersebut dapat menjadi suatu permasalahan yang dapat mengganggu kesehatan kalian dan keluarga, misalnya menyebabkan penyakit kulit, ispa, alergi, dan penyakit lainnya.

Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan kebersihan rumah dari bulu anjing peliharaan. Gunakan vacum cleaner untuk membersihkan bulu-bulu yang tersebar, dan buang ketempat sampah yang sesuai jenis sampahnya (sampah anorganik kering).

Bulu-bulu tersebut juga dapat dikomposkan bersamaan dengan kompos poop hewan atau sesekali ke kompos untuk tanaman.

5. Buat Mainan Anjing Sendiri

Mainan anjing (dog toys) juga diperlukan untuk membuat anjing semakin sehat, pintar, dan disiplin. Namun mainan anjing akan mudah rusak hanya dengan satu gigi saja, terlebih mainan tersebut terbuat dari bahan yang mudah rusak dan tidak kuat (bahan plastik misalnya). Kalian juga harus mengeluarkan biaya untuk sesuatu hal yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Sehingga membuat mainan anjing sendiri merupakan salah satu solusi dalam hal ini, kalian bisa memanjakan anjing kalian dengan memanfaatkan baju atau celana bekas dari bahan linen, katun, denim, wol. Dimana bahan-bahan ini akan lebih kuat dan aman untuk mereka.

Tinggal dipotong, dijahit, dan buat simpul yang kokoh pada ujung kalian. Bisa dilihat pada gambar dibawah:

Sumber: pet-sealth.com

6. Gunakan Berbagai Peralatan Non Plastik

Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang yaitu menggunakan berbagai peralatan yang terbuat dari bahan plastik, misalnya wadah untuk makanan atau minuman. Sedangkan anjing merupakan hewan yang memiliki tenaga dan gigitan yang sangat kuat. Dengan mudah mereka akan menghancurkan (menggigit) peralatan yang terbuat dari plastik tersebut.

Jika sudah hancur bagaimana? Tentu peralatan tersebut akan menjadi sampah dan kita harus mengganti kembali dengan yang baru. Maka dari itu, gunakan berbagai peralatan yang lebih kuat agar tahan lama, seperti mangkuk stainless steel.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah yang dihasilkan oleh anjing peliharaan kalian. Perlahan kita mencoba beralih ke zero waste lifestyle untuk menghasilkan bumi yang lebih baik. #sustainabilitystartswithyou #normalinyuk

Zerowaste Blog
Zerowaste Shop
Zerowaste Event
Zerowaste Collab
Zerowaste Blogger
preloader