Bulk Store: Toko Dengan Konsep Zero Waste Lifestyle

Zero waste lifestyle merupakan gaya hidup yang mulai dikenal oleh banyak orang. Meskipun mengandung kata “zero” yang berarti nol, bukan berarti gaya hidup ini tidak menghasilkan sampah. Gaya hidup ini mengajarkan kita untuk melihat dan mengevaluasi bagaimana sesuatu yang kita konsumsi tidak berdampak negatif terhadap lingkungan.

Salah satu ide yang muncul dari gaya hidup zero waste yaitu mendirikan “Bulk Store”. Toko yang juga disebut zero waste shop ini pun mulai bermunculan di Indonesia dan mendapat sambutan yang positif dari masyarakat Tanah Air.

Apa Itu Bulk Store?

Bulk store adalah toko yang sudah menerapkan konsep zero waste. Produk yang dijual sama dengan toko-toko pada umumnya, dimana menjual berbagai kebutuhan dasar, seperti minyak, sabun, shampoo, snack, dan lain-lain.

Selain menerapkan konsep zero waste, biasanya produk-produk yang dijual juga ramah lingkungan, berasal dari bahan-bahan alami, dan tidak dikemas dengan kemasan plastik.

Para pembeli yang ingin membeli di bulk store harus membawa tempat belanja sendiri. Misalnya tas reseuble, toples atau tempat belanja lainnya. Tetapi ada juga beberapa bulk store yang juga meminjamkan tempat yang bisa digunakan pengunjung, dan dapat dikembalikan pada saat transaksi selanjutnya.

Ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan ketika belanja di bulk store. Selain menjaga lingkungan dari limbah kemasan, kebiasaan mempertimbangkan apa yang kita beli akan mengubah perilaku konsumen. Yaitu mendorong konsumen untuk membeli hanya yang dibutuhkan, artinya mengurangi sampah makanan (food waste).

Berikut salah satu contoh bulk store yang ada di Indonesia:

Sumber foto: Zero Waste Bali

Berbelanja di bulk store bisa menjadi satu hal yang menyenangkan.

Bagaimana Sistem Pembayaran Bulk Store?

Dikarenakan produk yang dijual tidak per kemasan seperti toko pada umumnya, biasanya produk dibayar per satuan berat (gram) dan volume (liter).

Jika produk tersebut berupa benda padat seperti bubuk cabe, bubuk kunyit, biji-bijian, sereal, dan banyak lainnya maka akan dijual sesuai hitungan per gram. Dan jika produk berupa cairan seperti sampo, sabun, minyak, madu, dan lainnya maka akan dijual sesuai hitungan per liter.

Bagaimana Cara Menemukan Bulk Store di Dekat Tempat Tinggal Saya?

Kehadiran bulk store akan mengurangi limbah kemasan dan produk plastik sekali pakai. Di Indonesia bulk store sudah mulai muncul di beberapa kota. Apakah ada di dekat tempat tinggal kamu?

Kalian bisa kunjungi website Zero Waste Indonesia, pilih menu Peta Minim Sampah, dan pilih kategori Bulk Store. Kemudian masukkan alamat (nama kota) kalian di Search Box.

Kalian bisa lihat contohnya seperti gambar dibawah:

Lalu bagaimana jika tidak ada bulk store di dekat kalian? Jangan khawatir, kalian bisa lapor ke pihak Zero Waste Indonesia, dengan senang hati kami siap membantu. Atau jika ada bulk store yang kalian temukan, namun tidak ada di peta minim sampah, kalian juga bisa lapor dan akan di update di peta.

Nah setelah menemukan bulk store, alangkah lebih baik jika kalian menghubungi pihak bulk store tersebut terlebih dahulu. Hubungi nomor telepon, email, atau nomor Whatsapp yang tersedia.

Atau kalian juga bisa melakukan searching di google untuk memastikan bahwa bulk store tersebut masih ada atau tidak.

Kira-kira setelah membaca penjelasan diatas, tertarik nggak untuk berbelanja di bulk store? Yuk mulai cari tahu bulk store disekitar kamu. #BuyWhatYouNeed

Zerowaste Blog
Zerowaste Shop
Zerowaste Event
Zerowaste Collab
Zerowaste Blogger
preloader