Apa sih 3P (People, Profit, and Planet) itu?

Apa sih 3P (People, Profit, and Planet) itu?

Mungkin kamu mengetahui tentang Bisnis Berkelanjutan atau Sustainability Business. Tapi pernahkah kamu berpikir, apa perbedaan antara bisnis berkelanjutan dengan bisnis pada umumnya? Salah satunya yaitu Triple Bottom Line.

Triple bottom line adalah konsep bisnis berkelanjutan yang mengukur nilai kesuksesan sebuah perusahaan menggunakan tiga kriteria, yaitu People (Sosial), Planet (Lingkungan), dan Profit (Ekonomi).

mengenal triple bottom line

3P digunakan untuk mengukur kesuksesan sebuah perusahaan yang dulunya hanya terpaku pada keuntungan finansial saja, dengan 3P perusahaan dapat melakukan hal lain dan mengkaji dampak bisnis terhadap lingkungan. 

1. People

Bagaimana perusahaan mempengaruhi dan membawa keuntungan bagi pekerja, buruh, dan masyarakat. Hal ini dilakukan untuk menjamin keberlangsungan bisnisnya, dimana perusahaan tidak bisa hanya memperhatikan kepentingan mendapatkan profit saja, tetapi perusahaan juga harus menaruh kepedulian terhadap orang-orang yang berperan penting pada bisnisnya.

Bukan hanya itu, jika kalian menerapkan konsep ini juga akan menumbuhkan citra yang baik tentang perusahaan, baik di mata para pekerja atau masyarakat sebagai konsumen.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan misalnya dengan memberikan upah yang adil, humane-working system, pemberdayaan dengan mengajari keterampilan, dan lain-lain.

2. Planet

Bagaimana perusahaan berusaha menciptakan bisnis yang selaras dengan alam dan meminimalkan dampak negatif bagi lingkungan. Dimana tujuannya yaitu untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menghindari dampak buruk yang mungkin bisa merusak lingkungan, seperti banjir, kebakaran lahan, hingga climate change (perubahan iklim).

Misalnya mengurangi penggunaan barang baku import yang dapat menyebabkan carbon footprint, atau mengganti kemasan berbahan plastik dengan kemasan berbahan kertas atau kaca, mengadakan pemilahan sampah di tempat produksi atau di toko, mengolah sampah organik menjadi kompos, dan lain-lain. Banyak sekali hal yang dapat dilakukan. Untuk mendapat inspirasi lebih dari bisnis-bisnis yang sudah ada, bisa cek di seri Bisnis Minim Sampah di IGTV kami di sini.

3. Profit

Bagaimana perusahaan mendapatkan keuntungan secara finansial, yang tentunya sejalan dengan 2P sebelumnya (people dan planet). Di era sekarang ini, semua bisnis tidak bisa hanya memikirkan profit saja, karena banyak sekali dampak yang tidak terlihat yang nantinya akan kembali kepada kita. Contohnya yang terjadi di Rana Plaza di Bangladesh. Dan yakinlah, bahwa saat kita mempedulikan People dan Planet, maka Profit pun akan mengikuti dan akan berkah.

Nah apakah Sobat ZWID punya bisnis atau perusahaan favorit yang telah menerapkan 3P ini? Let’s start! It is possible! It’s not about perfection, but about commitment.

Zerowaste Blog
Zerowaste Shop
Zerowaste Event
Zerowaste Collab
Zerowaste Blogger
preloader