Kelebihan dan Kekurangan DIY Sendiri Di Rumah

DIY (Do It Yourself) yang dalam bahasa Indonesia yang memiliki arti “Lakukan Sendiri”, bukan lagi istilah asing yang terdengar ditelinga kita. Berbagai produk dengan hasil yang kreatif bisa menjadi nilai tambah baik untuk primer maupun kebutuhan sekunder.

Pada dasarnya, DIY merupakan suatu kegiatan untuk membuat produk sendiri dan menghindari produk kemasan sekali pakai. Sangat banyak produk DIY yang bisa kamu hasilkan di rumah, misalnya DIY deterjen, pasta gigi, sabun mandi, masker wajah, shampoo, dan masih banyak yang lain.

Namun DIY sendiri tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, apa saja? Simak penjelasan dibawah ini:

Kelebihan DIY

Berikut 4 kelebihan DIY produk yang bisa kamu dapatkan:

1. Hidup Lebih Sehat

Menurut kalian, ketika dalam keadaan batuk (flu), lebih baik minum obat herbal (misal: wedang jahe) atau lebih baik beli obat flu di apotik yang berasal dari berbagai bahan kimia? Untuk menjaga kesehatan tubuh, alangkah lebih baik minum wedang karena berasal dari bahan-bahan alami tanpa bahan pengawet.

Wedang bisa dibuat sendiri? Tentu bisa, tinggal rebus air dan masukkan jahe, kayu manis, batang serai, dan madu secukupnya. Gampang kan?

Maka dari itu, membuat DIY di rumah menjadikan hidup lebih sehat. Kamu tidak lagi menggunakan bahan kimia berbahaya atau bahan pengawet yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kamu.

2. Menjadi Tahu Apa yang Dikonsumsi

Menciptakan produk DIY sendiri dirumah juga membantu kalian untuk lebih tahu apa yang kamu konsumsi. Kenapa? Karena bahan yang kamu gunakan berasal dari kamu sendiri, hasil olahan sendiri, dan dibuat sendiri berdasarkan kebutuhan.

Dengan mengetahui apa yang kita konsumsi, juga menjadi salah satu cara kita untuk mengontrol kehidupan menjadi lebih baik lagi.

3. Mudah Dikembalikan (Terurai)

Produk DIY yang kamu buat tentunya menggunakan bahan-bahan alami yang mudah terurai dalam waktu yang cepat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya membuat wedang, kamu hanya memerlukan bahan rempah yang mudah terurai di bumi kan? Membuat produk yang mudah terurai tentunya akan membuat kita semakin minim sampah bumi.

4. Hemat

Membuat produk DIY juga membuat kamu lebih hemat daripada membeli sebuah produk secara instan. Kalian bisa menggunakan bahan-bahan yang sudah ada di rumah atau menggunakan sisa bahan dapur setelah memasak

Misalnya tomat sisa bikin sambal terasi, bisa dijadikan masker mata untuk menghilangkan mata panda. Atau kalian juga bisa membuat DIY aloe vera gel menggunakan aloe vera yang ada di taman.

Kekurangan DIY:

DIY dirumah juga memiliki beberapa kekurangan (kelemahan):

1. Tidak Praktis

Tidak praktis menjadi salah satu kekurangan dari membuat produk DIY sendiri dirumah. Karena kita harus menyiapkan bahan-bahannya sendiri, mengolahnya sendiri, bahkan ada beberapa produk yang membutuhkan beberapa hari untuk bisa digunakan.

Tentunya hal ini sangat berbeda dengan produk yang bisa kamu beli di supermarket, tinggal beli dan bisa langsung digunakan.

2. Tidak Tahan Lama

Kekurangan produk DIY selanjutnya yaitu produk yang dihasilkan tidak tahan lama, produk-produk tersebut lebih mudah rusak, basi, dan menjadi sarang mikroba dan bakteri dalam kurun waktu yang singkat. Hal ini dikarenakan DIY produk berasal dari bahan-bahan alami tanpa bahan pengawet.

3. Siap Menerima Resiko

DIY produk sama halnya dengan produk-produk lain, dimana produk yang kalian buat memiliki efek yang berbeda-beda antara satu orang dengan orang lain. Kamu harus banyak membaca dan mencari tahu sebelum membuat produk DIY.

Jangan karena ingin ingin natural dan minim sampah, kita sembarang menggunakan (mencampur) berbagai bahan alami tanpa ada basic pengetahuan yang cukup. Bisa jadi hasil produknya tidak sesuai dengan tujuan. Misalnya DIY Beauty untuk menghilangkan minyak wajah malah membuat muka kamu tambah berminyak.

Maka dari itu, sebelum membuat DIY produk, tanyakan beberapa pertanyaan berikut pada diri sendiri:

  • Apa tujuan kita membuat DIY?
  • Apakah DIY tersebut aman?
  • Apakah sudah bertanya kepada orang yang lebih paham (lebih berpengalaman)?
  • Dan apakah kalian sudah siap menerima resiko yang mungkin saja timbul?

Nah sekarang giliran kalian, apakah kalian pernah membuat salah satu produk DIY? Sharing pengalaman yuk di kolom komentar. Tetapi jika belum pernah melakukannya, kalian bisa cari di Instagram menggunakan hastag #zwddiy untuk menemukan berbagai produk DIY. Berikut salah satu contohnya yaitu DIY aloe vera gel.

Bahan:

  • Daun aloe vera (sesuai kebutuhan).
  • Siapkan bahan tambahan seperti air kunyit untuk masker pencerah wajah, air lemon untuk masker untuk mengurangi minyak, atau yogurt untuk kondisioner rambut lebih tebal dan lebih lembut.
  • Essential oil untuk membuat lebih wangi (opsional).

Cara Membuat:

  • Potong aloe, kupas, dan ambil dagingnya.
  • Potong kecil-kecil dan saring cairannya.
  • Tambahkan bahan tambahan sesuai kebutuhan (air kunyit, air lemon, atau yogurt).
  • Tambahkan essential oil jika mau.
  • Tinggal masukin jar dan siap digunakan.

Semoga bermanfaat.

Zerowaste Blog
Zerowaste Shop
Zerowaste Event
Zerowaste Collab
Zerowaste Blogger
preloader