Beberapah Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Baju Baru – Buyerarchy of Needs

Membeli baju baru merupakan salah satu kebiasaan buruk banyak orang yang dapat menyebabkan limbah fashion. Bagaimana tidak, coba cek lemari kalian, ada berapa banyak baju yang masih layak dipakai, jarang dipakai, atau belum pernah dipakai sama sekali?

Terlebih ketika kalian membutuhkan sebuah baju di hari-hari tertentu, baju tersebut hanya akan dipakai sekali atau dua kali saja. Kebayang kan numpuknya seperti apa? Dan pada akhirnya baju-baju tersebut dibuang begitu saja.

Nah, sebelum membeli baju baru, kalian harus mengetahui sebuah sebuah teori “Buyerarchy of Needs“ yang dikembangkan oleh Sarah Lazarovic. Awalnya teori ini ia dapatkan dari seorang psikolog yang bernama Abraham Maslow. Teori ini akan memberikan beberapa opsi yang bisa kalian lakukan sebelum memutuskan untuk membeli baju baru.

Buyerarchy of Needs terdiri dari 6 elemen, yaitu use what you have, borrow, swap, thrift, make, dan buy. Bisa lihat pada gambar berikut:

 

Image result for buyerarchy of needs

Sumber: Sarah Lazarivic

1. Use What You Have

Sebelum membeli baju baru, memakai baju yang sudah ada menjadi opsi pertama yang bisa kalian lakukan. Kalian bisa mix dan match baju-baju lama supaya tetap tampil stand out, baik dari segi warna ataupun modelnya.

Selain itu, bisa juga mengubah bentuk baju-baju lama kalian dengan menjahit ulang. Misalnya mengubah dress menjadi jumpsuit atau mengubah cardigan yang sudah tidak terpakai menjadi dress cantik.

2. Borrow

Mungkin bagi sebagian orang “meminjam baju” menjadi hal yang memalukan atau tidak biasa dilakukan. Tetapi di hari-hari tertentu, meminjam baju menjadi pilihan tepat daripada membeli baju baru yang mungkin saja tidak akan pernah dipakai lagi.

Mungkin kalian bisa meminjam baju kepada salah satu anggota keluarga atau teman yang memiliki ukuran badan yang sama.

3. Swap

Swap atau tukar baju juga merupakan opsi terbaik sebelum memutuskan untuk membeli baju baru. Kalian bisa menukar baju yang kalian miliki dengan baju saudara, teman sekolah atau rekan kerja.

Dan bagi kalian yang tinggal di Jakarta, Bandung, Bali atau Yogyakarta bisa mengikuti kampanye #TukarBaju yang diselenggarakan oleh Zero Waste Indonesia.

Kampanye ini menjadi solusi mengurangi limbah fashion di Indonesia. Tinggal datang dengan membawa maksimal 5 baju, pilih baju yang kalian suka, dan tukar untuk mendapatkan baju baru. Menarik kan?

4. Thrift

Thrift (hemat) disini maksudnya membeli baju yang pernah dipakai oleh orang lain dengan harga yang cenderung lebih murah, atau biasa dikenal dengan istilah “baju preloved”.

Membeli baju preloved memberikan banyak manfaat, diantaranya membuat kalian lebih hemat dibandingkan membeli baju baru, mengurangi limbah fashion karena baju-baju yang sudah tidak terpakai tidak berakhir di pembuangan sampah, dan kebanyakan penjual baju preloved biasanya menawarkan baju-baju branded, masih terlihat baru serta berkualitas, sehingga untuk membeli baju yang berkualitas, kalian tidak membutuhkan banyak biaya (lebih hemat).

Untuk membeli baju preloved, bisa dilakukan secara online maupun offline. Misalnya melalui berbagai platform marketplace atau media social. Bisa juga mengunjungi pasar vintage yang berada di daerah tempat tinggal kalian.

5, Make

Selain membeli baju preloved, make (menjahit baju) sendiri juga menjadi cara untuk berhemat. Kalian dapat membeli bahan yang akan dijahit sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Atau menggunakan bahan-bahan yang telah ada menjadi baju baru.

Bukan hanya itu, ukuran baju yang dijahit sendiri juga dapat disesuaikan dengan ukuran badan dan model baju yang keinginan.

6. Buy

Jika 5 opsi diatas tidak bisa dilakukan, maka membeli baju baru merupakan opsi terakhir yang bisa kalian lakukan. Tetapi sebelum membeli baju baru, kalian juga harus tetap memperhatikan kebutuhan.

Tanyakan 3 hal berikut kepada diri sendiri sebelum membeli baju baru:

  • Apakah benar-benar membutuhkan baju tersebut atau hanya sebuah keinginan?
  • Seberapa sering baju tersebut akan digunakan?
  • Bisakah bertanggung jawab atau sampahnya?

Demikian 6 hal yang perlu diperhatikan sebelum beli baju baru, tidak harus beli baju baru kan? Kira-kira elemen mana yang akan kalian lakukan ketika membutuhkan sebuah baju? Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman kalian ya.

Semoga bermanfaat.

Zerowaste Blog
Zerowaste Shop
Zerowaste Event
Zerowaste Collab
Zerowaste Blogger
preloader