5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Berpindah ke Zero Waste Lifestyle

Berbicara mengenai “Zero Waste”, mungkin masih banyak diantara kalian yang menyepelekan gaya hidup ini (zero waste lifestyle). Kenapa? Salah satu alasannya mungkin karena kalian belum terbiasa melakukannya, kurangnya pengetahuan mengenai zero waste atau bahkan masih kurang peduli dengan lingkungan?

Jika kalian ragu untuk melakukannya, sebagai langkah awal yang baik kalian bisa mencoba untuk membawa tas belanjaan sendiri ketika berbelanja ke pasar (supermarket) atau membawa tempat makanan dan minuman sendiri. Bukan hal yang sulit kan?

Dari hal-hal kecil tersebut, akan membuat hidup kalian lebih sehat serta membantu mengurangi potensi pencemaran lingkungan. Dibawah ini beberapa  alasan kenapa kalian perlu melakukan zero waste lifestyle:

Zero Waste Lifestyle Membuat  Hidup Lebih Sehat

Zero Waste lifestyle berarti mengevaluasi gaya hidup dan melihat bagaimana sesuatu yang kita konsumsi bisa berdampak positif terhadap bumi. Misalnya saja mengurangi  makanan siap saji dengan memasak makanan sendiri.

Menurut kalian, tubuh kalian akan lebih sehat jika memakan makanan saji atau atau makanan yang dimasak sendiri? Tentunya akan lebih sehat jika kalian memasak sendiri kan?  Maka dari itu, hal ini membuktikan bahwa zero waste lifestyle membuat kalian hidup lebih sehat.

Zero Waste Lifestyle Membuat Lebih Hemat

Zero waste lifestyle juga akan membuat kalian lebih bijak berbelanja. Untuk beberapa barang, kalian bisa membeli barang berkualitas baik dalam keadaan bekas dengan harga yang lebih murah. Dibandingkan kalian harus membeli barang baru dengan kualitas yang sama dan harga yang lebih mahal.

Nah, lebih hemat zero waste lifestyle atau gaya hidup yang harus serba baru tanpa memperhatikan efek yang mungkin saja akan mendatangkan kerugian?

Zero Waste Lifestyle Membuat Lebih Kreatif dan Belajar Hal Baru

Zero waste lifestyle juga mendorong kalian untuk lebih kreatif dan belajar hal-hal yang sebelumnya belum kalian ketahui. Kenapa? Karena zero waste lifestyle tidak menuntut kalian untuk memiliki alat-alat zero waste yang baru, kalian bisa menggunakan yang ada dan mendaur ulang barang yang sudah kalian miliki menjadi barang yang lebih fungsional.

Misalnya baju bekas yang sudah tidak terpakai, bisa kalian jadikan tas belanja, atau bagi kalian yang memiliki berbagai alat rias (make up), kalian bisa gunakan botol plastik bekas untuk menyimpan alat rias.

Zero Waste Lifestyle Membuat Lebih Peduli Dengan Lingkungan

Diketahui dari data Plastic Solutions Fund, dikatakan bahwa Indonesia merupakan negara kedua terbanyak yang membuang plastik ke laut. Plastik-plastik tersebut membutuhkan waktu 400 tahun untuk terurai, dan selama plastik tersebut belum terurai, plastik akan hancur menjadi partikel kecil (mikroplastik) dan mencemari air dan berbagai biota laut.

Dan lebih parahnya lagi, ketika kalian mengkonsumsi makanan atau minuman yang berasal dari laut  yang sudah tercemar mikroplastik, tentunya akan sangat mengganggu kesehatan tubuh kalian seperti menyebabkan alergi, keracunan, bahkah kanker.

Nah zero waste lifestyle akan membuat kalian lebih peduli pada lingkungan, karena zero waste lifestyle mendorong kalian untuk mengevaluasi gaya hidup dan melihat bagaimana sesuatu yang kita gunakan atau kita konsumsi bisa berdampak positif terhadap lingkungan.

Zero Waste Lifestyle Membuat Lebih Peduli Dengan Diri Kita Sendiri

Karena zero waste lifestyle menjadikan kalian belajar melakukan apa yang yang baik untuk bumi (seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor 4), tentunya hal ini juga baik untuk diri kalian sendiri, kalian akan lebih peduli dengan kesehatan tubuh kalian.

Dengan berhasil melakukan hal-hal kecil seperti berbelanja tanpa menggunakan plastik, minum tanpa sedotan plastik dan membuat Do It Yourself (DIY) kalian sendiri, membuktikan bahwa kalian peduli dan mencintai diri kalian sendiri.

Itulah 5 alasan kenapa kalian perlu zero waste lifestyle, apakah kamu sudah mendapatkan alasan untuk berpindah gaya hidup, yuk mulai dengan ikut 30 days Zero Waste Challenge.

Zerowaste Blog
Zerowaste Shop
Zerowaste Event
Zerowaste Collab
Zerowaste Blogger
preloader