Kenapa Kita Tidak Perlu Memanaskan Mobil Setiap Pagi?

Sebelum berangkat kerja, mengantarkan anak sekolah, atau beli kebutuhan dapur di pagi hari, salah satu rutinitas yang sering kita lakukan yaitu memanaskan mesin mobil sebelum dikendarai. Banyak yang khawatir performa mesin tidak optimal jika mesin mobil tidak dipanaskan terlebih dahulu.

Namun sadarkah kalian, memanaskan mesin mobil membuat bahan bakar terbuang sia-sia, menimbulkan pencemaran lingkungan, mengganggu kesehatan manusia, serta menyebabkan beberapa kerusakan terhadap mobil itu sendiri.

Lalu, apakah kita tidak perlu memanaskan mobil? Perlu, tetapi cukup 30 detik-1 menit saja (menurut Garasi.id) . Apalagi sekarang setiap mobil sudah dilengkapi dengan mesin injeksi menggunakan teknologi canggih.

Dan jika tidak menggunakan mobil pada suatu hari tertentu (misal hari ini), maka kalian tidak perlu memanaskan mobil di pagi ini, berikut beberapa hal yang ditimbulkan akibat memanaskan mobil:

1. Membuang Bahan Bakar

Setiap mobil tentunya membutuhkan bahan bakar untuk bisa beroperasi, baik itu bensin (gasoline) maupun diesel (solar). Tanpa kita sadari ketika memanaskan mobil, bahan bakar terbuang begitu, sehingga kita membutuhkan lebih banyak bahan bakar.

Sedangkan penggunaan bahan bakar yang terlalu berlebihan dapat menghasilkan kualitas udara yang buruk dan meningkatkan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer yang berasal dari emisi gas karbon dioksida (CO2). Dan dampaknya apa? hal ini dapat menimbulkan climate change (perubahan iklim). Masih ingat climate change itu apa? Kita akan bahas pada poin berikutnya.

2. Menyebabkan Climate Change

Perubahan Iklim adalah perubahan signifikan yang terjadi pada suhu, curah hujan, dan angin yang berlangsung dalam waktu yang cukup lama, bisa dalam satu dekade atau bahkan lebih.

Climate change dapat menimbulkan beberapa hal buruk terhadap bumi dan manusia, diantaranya:

  • Merusak ekosistem laut, terutama terumbu karang yang berperan sebagai shelter atau sarang ikan-ikan kecil dan plankton yang dibutuhkan dalam rantai makanan yang ada di ekosistem laut.
  • Menimbulkan masalah kebutuhan pangan (industri pertanian, perkebunan, dan peternakan).
  • Memicu terjadinya cuaca yang ekstrim dan bencana alam, seperti banjir, kekeringan, longsor, dan lain-lain.
  • Mengganggu kesehatan dan menimbulkan berbagai penyebaran penyakit, misalnya penyakit malaria yang pernah terjadi di Inggris dikarenakan climate change.
  • Es di kutub menjadi berkurang sehingga menyebabkan kenaikan permukaan air laut dan mengganggu ekosistem di daerah kutub.
  • Badai akan lebih kuat dan lebih intens yang diakibatkan oleh cuaca yang ekstrim (tingginya curah hujan seiring dengan iklim yang panas).

Climate change disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya penggunaan bahan bakar yang berlebihan. Maka dari itu, menghabiskan bakar bakar untuk memanaskan mobil perlu diperhatikan.

3. Mengganggu Kesehatan

Memanaskan mobil terlalu lama juga membuat kesehatan kita menjadi terganggu, karena gas yang dibuang mobil mengandung zat karbon dioksida (CO2) yang dapat mengganggu sistem pernapasan manusia, terutama bagi anak-anak dan ibu hamil.

Hindari memanaskan mesin mobil di ruang tertutup dan cari lokasi terbuka. Karena memanaskan mobil di ruang tertutup akan membahayakan kalian maupun orang lain yang berada di ruangan itu.

4. Menimbulkan Kerusakan Pada Komponen Mobil

Selain menimbulkan efek yang buruk terhadap lingkungan maupun manusia, ternyata memanaskan mobil juga menimbulkan kerusakan pada berbagai komponen mobil. Berikut beberapa kerusakan yang ditimbulkan:

  • Catalytic converter tidak bekerja secara maksimal dan apabila terlalu panas, dapat memicu kebakaran jika berada di dekat bahan-bahan yang mudah terbakar.
  • Sisa bahan bakar yang tidak terbakar menempel di dinding silinder, yang kemudian menutupi minyak pelumas. Otomatis dinding silinder akan mengalami kekeringan karena tidak ada pelumasan.
  • Busi akan cepat kotor sehingga berdampak terjadi peningkatan konsumsi bahan bakar (boros).
  • Pipa knalpot cepat berkarat karena mengeluarkan uap air yang terlalu banyak.

Nah setelah mengetahui 4 hal diatas, apakah kalian masih mau memanaskan mobil secara secara cuma-cuma dan dalam waktu yang lama? Terkadang hal kecil seperti ini sering kita sepelekan, padahal dampaknya sangat besar. Jangan lupa share juga ke teman-teman kalian ya. Sharing means caring!

Zerowaste Blog
Zerowaste Shop
Zerowaste Event
Zerowaste Collab
Zerowaste Blogger
preloader