30 day zero waste challenge

30 Days Zero Waste Challenge 2022

Hello Sobat ZWID, bagaimana tahun baru kalian sejauh ini? Apakah resolusi kalian sudah mulai dijalankan? Semoga kita menjalani tahun ini dengan lebih baik dari sebelumnya ya, tetap semangat☺️

Seperti biasa, setiap bulan Januari Zero Waste Indonesia mengadakan event yang bisa diikuti oleh semua orang, termasuk kamu. Event tersebut yaitu “30 Days Zero Waste Challenge”, dimana setiap harinya kalian akan dipandu dengan berbagai kegiatan yang membuat kalian belajar lebih ramah lingkungan, sehat, hemat, dan lebih sederhana.

Harapannya, challenge ini membantu kita untuk berproses sebagai langkah awal untuk memulai gaya hidup zero waste. Untuk yang belum memulai dan bingung mau mulai darimana, challenge ini dapat menjadi guidance agar lebih terarah dan lebih semangat karena dilakukan bersama-sama. Untuk yang sudah mulai, challenge ini dapat digunakan sebagai checklist, apa lagi ya yang bisa dilakukan. Tentunya setelah 30 hari selesai, bukan berarti kita selesai juga dengan gaya hidup zero waste, tapi untuk lebih konsisten dan melekat menjadi sebuah habit dalam kehidupan.

Menjalani gaya hidup zero waste memberi banyak pelajaran terhadap diri kita sendiri. Membuat kita lebih mengenal karakter dan juga kebutuhan kita. Dengan memiliki mindset baru, kita tidak akan pernah melihat produk-produk dalam kemasan dengan cara yang sama.Kita akan mempertanyakan mengapa kita melakukan yang kita lakukan? Mengapa kita membeli yang kita beli? Dan bagaimana sebuah benda dapat hadir di rak toko dan mau diapakan nantinya.

Untuk yang belum ikut, belum telat kok, kamu bisa melihat cara untuk mengikuti tantangan ini di video dibawah ini.

Kamu juga bisa melihat tabel dibawah ini challenge yang kalian ikuti. Penjelasan per hari ada di instagram @zerowaste.id_official atau di laman website . Contohnya di Day-2, kalian harus membuat Zero Waste Kit.

Terlebih dahulu akan dijelaskan Zero Waste Kit adalah seperangkat alat yang digunakan untuk mempermudah kita dalam hidup minim sampah. Tujuannya untuk mengurangi potensi sampah sekali pakai yang terbuang begitu saja.

Cara melakukannya, sediakan peralatan kit yang mungkin akan kamu butuhkan, seperti tempat makan, tempat minum, sendok makan, dan lain-lain. Biasakan diri untuk terus membawa peralatan kit sebelum memulai aktifitas. Dan jika berbelanja, gunakan peralatan kit kalian sesuai fungsinya.

Challenge
Day 1 Trash Audit.
Day 2 Buat Zero Waste Kit.
Day 3 Tidak Membeli Barang Baru.
Day 4 No Plastic Straw.
Day 5 Membawa Kantong Belanja Kemana-mana.
Day 6 Gunakan Botol Reusable.
Day 7 Declutter Your Home (Bersihkan Rumah dan Pilah Barang yang Tidak Terpakai)
Day 8 Pilah Sampah
Day 9 Cara Pengelolaan Sampah (Bank Sampah).
Day 10 Cabut Alat Elektronik Yang Tidak Terpakai.
Day 11 Beralih Ke Sikat Gigi Bambu.
Day 12 Ubah Shampo dan Sabun Tanpa Kemasan.
Day 13 Diy Bathroom Stuff.
Day 14 Buat Diy Cleaner.
Day 15 Reparasi Barang yang Rusak.
Day 16 Bawa Wadah Sendiri.
Day 17 Habiskan Makananmu.
Day 18 Rencanakan Masakanmu.
Day 19 Kurangi Jumlah Tisu yang Kamu Gunakan.
Day 20 Belanja Tanpa Kemasan.
Day 21 Bawa Bekal Dari Rumah.
Day 22 Buat Kompos.
Day 23 Beralih Ke Menstrual Cup Atau Menspad.
Day 24 Buy What You Need (Cukup Beli Apa yang Kamu Butuhkan).
Day 25 Tolak Yang Tidak Perlu.
Day 26 Aware Terhadap Climate Change (Belajar Climate Change).
Day 27 Ajak Teman Untuk Memulai Mulai Gaya Hidup Zero Waste.
Day 28 Cek Kembali Lemarimu.
Day 29 Keluarkan Pakaian yang Tidak Perlu.
Day 30 Donasikan bajumu atau Ikuti Event #TukarBaju.

Nah, Challenge ini tentu akan menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan dalam 1 bulan. Are you ready? Ajak teman kalian untuk berproses bersama. Dan untuk setiap challenge yang kalian lakukan, jangan lupa tag @zerowaste.id_official di Instagram, serta gunakan hashtag #zerowasteid31days. Let’s do this together, because #SustainabilityStartsWithYou !

Zerowaste Blog
Zerowaste Shop
Zerowaste Event
Zerowaste Collab
Zerowaste Blogger
preloader