5 Alasan Penting Naik Angkutan Umum atau Berjalan Kaki

Ketika ingin bepergian, mungkin kita lebih terbiasa menggunakan kendaraan pribadi sendiri, baik untuk jarak tempuh yang jauh maupun dekat. Misalnya beli sayur di warung dekat rumah, pake motor. Berangkat kerja yang jaraknya hanya 3 meter dari rumah, pake mobil. Ada yang seperti itu nggak?

Padahal diluar sana banyak angkutan umum yang bisa kita manfaatkan, seperti angkot, busway, dan kereta api. Atau yang seharusnya bisa ditempuh dengan berjalan kaki, kita malah menyiakan kesempatan ini. Sedangkan naik angkutan umum dan berjalan kaki menjadi hal penting untuk dibiasakan. Kenapa?

Berikut 5 alasan penting kenapa kita harus naik angkutan umum atau berjalan kaki:

1. Mengurangi Jejak Karbon

Jejak karbon adalah jumlah karbon atau gas emisi yang dihasilkan dari berbagai kegiatan (aktivitas) manusia pada kurun waktu tertentu, salah satunya penggunaan kendaraan untuk bepergian.

Banyak dampak negatif yang ditimbulkan oleh jejak karbon bagi kehidupan kita di bumi, seperti kekeringan dan berkurangnya sumber air bersih, timbul cuaca ekstrim dan bencana alam, perubahan produksi rantai makanan, dan berbagai kerusakan alam lainnya.

Nah, kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil seperti bensin, solar, atau gas akan menghasilkan jejak karbon dari proses pembakaran bahan bakar tersebut. Dengan selalu bepergian menggunakan kendaraan pribadi artinya kita berkontribusi untuk menghasilkan lebih banyak gas emisi (CO2), terlebih lagi jika kita terjebak macet, dimana mesin kendaraan menjadi panas dan melepas gas emisi ke udara.

Maka dari itu, naik angkutan umum atau berjalan kaki menjadi salah satu upaya untuk mengurangi jejak karbon di bumi.

2. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Dengan adanya berbagai macam kendaraan, membuat kita lupa dan malas akan pentingnya berjalan kaki. Sedangkan jalan kaki memberikan dampak yang sangat baik bagi tubuh kita. Bepergian dengan berjalan kaki juga bisa sekalian berolahraga kan?

Berikut beberapa manfaat yang akan kita dapatkan:

  • Menjaga kesehatan jantung.
  • Menghindari resiko penyakit kronis.
  • Menjaga kesehatan saluran pencernaan.
  • Mengurasi risiko diabetes dan osteoporosis.
  • Membantu menurunkan berat badan (sekalian diet).

Ternyata bepergian berjalan kaki itu merupakan olahraga kecil yang memberikan dampak yang besar bagi kesehatan tubuh kita ya. Masih malas berjalan kaki? Dilatih dari sekarang yuk.

3. Mengurangi Polusi Udara

Emisi gas yang merupakan buangan kendaraan bermotor merupakan faktor utama yang menyebabkan polusi udara. Komponen gas dan partikel hasil buangan kendaraan jika terhirup oleh manusia akan sangat berbahaya.

Pada tingkat konsentrasi tertentu komponen tersebut dapat berakibat langsung pada kesehatan manusia, baik secara mendadak atau akut, menahun maupun kronis dengan gejala-gejala yang kadang tidak terlihat. Dimulai dari iritasi saluran pernapasan, iritasi mata, alergi kulit, hingga kanker paru-paru karena terlalu banyak menghirup udara kotor.

4. Menciptakan Lingkungan yang Bersih dan Nyaman

Dengan menggunakan angkutan umum atau berjalan kaki, secara tidak langsung kita dapat membantu mendukung program mewujudkan lingkungan bersih dan sehat. Misalnya, program Go Green atau Zero Waste Lifestyle.
Selain itu, program lainnya seperti mengurangi tingkat kemacetan dan keributan di tengah kota juga dapat terwujud. Tak hanya itu, kita juga dapat membantu pemerintah untuk mengoptimalkan subsidi bahan bakar. Sangat membantu bukan?

5. Membantu Mengontrol diri

Naik angkutan umum atau berjalan kaki ketika bepergian juga membantu kamu dalam mengontrol diri dalam meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik lagi. Apa yang akan kamu dapatkan?

  • Pengeluaran jadi lebih sedikit (lebih hemat) karena kebanyakan ongkos untuk angkutan umum tidak semahal biaya untuk membeli bahan bakar.
  • Hemat tenaga karena tidak perlu mengendarai mobil atau sepeda motor.
  • Tidak perlu mencari tempat parkir yang aman.
  • Membuat kita menjadi lebih banyak berolahraga.
  • Sebagai ajang bersosialisasi dengan sesama penumpang atau sesama pejalan kaki.
  • Mengurangi resiko kecelakaan.
  • Dan membantu program diet kalian tentunya.

Meskipun terkadang merasa enggan dan malas, ternyata banyak keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan angkutan umum atau berjalan kaki, banyak juga yang menganggap ini sebagai hal sepele. Yuk, mulai dari diri sendiri. #sustainabilitystartswithyou #normalinyuk

Zerowaste Blog
Zerowaste Shop
Zerowaste Event
Zerowaste Collab
Zerowaste Blogger
preloader