Zero waste di acara buka puasa

Zero waste di acara buka puasa

Dalam suasana ramadhan ini zerowaste.id ingin membahas mengenai fenomena berbuka puasa bersama. Dengan tujuan yang sangat baik, berbuka puasa dengan komunitas memang lazim dan baik dilakukan, entah itu di masjid, di rumah rekan, keluarga atau pun di restoran.

Banyak sekali cara untuk menerapkan alquran dalam hidup kita. Alquran menyatakan “Wahai anak-anak Adam! Percantiklah dirimu untuk setiap tindakan ibadah, makan dan minum dengan bebas, tetapi jangan sia-siakan: sesungguhnya, Dia tidak mencintai yang boros” Al A’raf (7:31)

Pengalaman kali beberapa kali diundang acara berbuka puasa bersama, banyak sekali makanan yang terbuang dan penggunaan disposable materials. Kami ingin membagikan beberapa tips untuk memiliki buka puasa bersama yang sustainable.

Yang pertama adalah selalu ambil minuman dan makanan secukupnya. Memang benar setelah berpuasa seharian penuh, rasanya ingin sekali menghapus dahaga dan kelaparan secepat kilat. Akhirnya mengambil banyak sekali makanan dipiring yang nantinya bisa jadi terbuang. Berbukalah dengan mildly and moderatly..

Kemudian, jika kita melakukan buka puasa di masjid atau di rumah teman, salah satu cara untuk memastikan kita tidak menghasilkan sampah yang tidak perlu adalah membawa wadah dan peralatan yang dapat digunakan kembali. Tidak perlu yang mahal tapi efektif, seperti mason jar atau kontainer plastik/ tupperware dari rumah pun tidak mengapa. Biasanya peralatan makanan yang dibagikan di acara seperti ini adalah yang sekali pakai, seperti piring mangkuk plastik, sendok garpu plastik, dan gelas plastik. Tujuannya memang agar si empunya acara tidak repot mencuci setelah acara. Nah dengan kita membawa peralatan kita sendiri, mungkin memang terasa aneh dan mereka pasti akan bertanya. Tapi tujuan dari si tuan rumah pun tidak akan terganggu, karena kita juga turut membantu mengurangi sampah dia. Dengan orang bertanya pun, secara tidak langsung kita membuat mereka aware soal gaya hidup yang menurut mereka tidak mungkin dan memberi contoh nyata bahwa itu bisa dilakukan.

Bayangkan, peralatan sekali pakai itu terbuang sia-sia setelah sekali dipakai. Coba pikirkan jika kita menggunakan 1 piring kertas per hari, 1 garpu plastik dan gelas plastik kemudian dikali satu bulan dan banyaknya jumlah orang di masjid atau di undangan buka puasa bersama. Jumlah ini akan terkumulasi dengan cepat.

Semoga kita semua memiliki Ramadhan yang penuh berkah dan semoga Allah menerima semua ibadah dan doa kita. Aamiin! Selamat berpuasa!!

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *