Tips membersihkan label di jar gelas

Tips membersihkan label di jar gelas

Salah satu cara untuk reuse adalah menggunakan barang yang ada disekitar kita dan menggunakannya kembali untuk manfaat baru. Biasanya zero waste itu identik dengan menggunakan penyimpanan di jar gelas. Gelas jar ini kegunaannya bermacam-macam, lebih tahan lama dari bahan-bahan lain dan juga lebih mudah direcycle. Biasanya jar gelas diasosiasikan dengan mason jar yang harus dibeli baru. Sedangkan sebetulnya kalau kita mau melihat sekitar dan memutar otak, banyak banget lho buangan gelas jar dari dapur. Contohnya selai, saus, kecap, coconut oil, minuman, toples kemasan kue, dll. Mason jar adalah good investment tapi bukan satu-satunya hal yang bisa ‘do the job’.

Tantangan dari reuse jar gelas adalah menghapus label yang menempel tanpa meninggalkan residue lem di permukaannya. Kami punya tips yang bisa dicoba dirumah untuk mulai mengoleksi beberapa gelas kaca supaya bisa digunakan kembali.

APA YANG KALIAN BUTUHKAN?

  • Baking Soda
  • Oil (vegetable oil or coconut oil – olive oil and baby oil can work too for thin residue)

CARANYA?

  1. Cabut sebanyak mungkin label yang menempel. Kalau masih bandel dan bener-bener susah dicabut, rendam di air hangat dengan sabun selama 5-10 menit.
  2. Campurkan 1:1 baking soda dan vegetable oil. Oleskan beberapa lapisan ke seluruh bagian jar gelas yang lengket. Tunggu selama 10 menit.
  3. Basuh dengan lap basah hangat atau sponge dengan gerakan memutar untuk membantu lebih mudah pelepasan lemnya..

Kemudian bisa kalian spray tutupnya dengan warna atau diberi label supaya lebih menarik dan/atau mudah dibedakan. Selamat mencoba!!!!! Jar gelas ini selain bermanfaat untuk kegunaan di rumah, bisa menjadi wadah untuk berbelanja dan membeli minuman.

Please follow and like us:

1 Comment

Submit a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *