Alternatif zerowaste pasta gigi – baking soda

Alternatif zerowaste pasta gigi – baking soda

Pasta gigi adalah salah satu hal yang bisa dengan mudah diganti dengan alternatif lain. Selain karena pasta gigi dikemas dengan kemasan plastik dan digunakan secara reguler, yang berarti membuat tumpukan sampah plastik, bahan pasta gigi biasa berisi senyawa kimia berbahaya seperti karagenan, DEA, Fluoride, dan paraben.

Alernatif pengganti pasta gigi yang baik adalah baking soda. Selalulah berpikir bahwa apapun yang kita pakai disekitar kita itu adalah sesuatu yang bahan-bahannya aman untuk dikonsumsi dan familiar ditelinga kita. Baking soda adalah agen untuk membunuh bakteri dan menghilangkan noda. Check this link out untuk belajar lebih lagi soal alasan mengapa baking soda adalah alternatif baik untuk pasta gigi.

Perlu waktu untuk membiasakan diri kita menggunakan pasta gigi dari baking soda ini. Karena rasanya akan berbeda dan tidak ada sensasi ‘tingling’ dan ‘burning‘ dari pasta gigi biasa yang membuat baking soda terkesan kurang higienis. Ini bukan karena baking soda tidak efektif, tapi karena kita sudah terbiasa dengan marketing yang dibuat untuk pasta gigi semenjak kita kecil. Transisi ini juga akan tricky karena perbedaan dari yang biasa kita rasakan sebelumnya. Akan ada perasaan asin yang ditimbulkan oleh baking soda, menggunakan sendok sebagai pengganti tube, dan kehilangan busa dari pasta gigi komersial.

Transisi ke gaya hidup zerowaste dan sederhana akan membuat kita memahami mengapa kita melakukan dan mempercayai hal yang sudah terbiasa lakukan. Ini akan menjadi sarana untuk membentuk kebiasaan baru dan menciptakan perubahan sederhana pada ritual harian. Bukan menjadikannya lebih sulit dan tidak nyaman, hanya berbeda. Kita jadi lebih men-challenge apa arti dari bersih, bagaimana harus membersihkan dan apa yang kita butuhkan untuk mencapai “kebersihan”.

Bahan yang dibutuhkan

3 tablespoons coconut oil
1 1/2 tablespoons baking soda
20 drops peppermint essential oil

Cara membuat

Campur semua bahan di tempat kaca bekas yang kamu punya

Cara pakai

Ambil pake sendok kecil atau aplikator kayu kecil yang kamu punya di rumah, untuk ditaruh di sikat gigi. Coba selama beberapa hari. Pakai waktunya untuk beradaptasi. Rasanya akan berbeda, but that is okay.

Selamat mencoba!
Do your body and your world a favor

Please follow and like us:

8 Comments

Submit a comment
    1. Hi, biasanya bisa beli di supermarket sih baking soda Arm and Hammer. Dia terbuat dari kertas si jadi lebih mudah direcycle-nya ūüôā Untuk bulk belum ketemu nihh.. mungkin bisa coba di pasar.

      1. hi! saya sudah mencoba di pasar tradisional, tapi di sana sama saja sudah dikemas dengan plastik harga 1000/kemasan

    2. Hai, saya biasanya beli di pasar tradisional. Tempat yang jual grosiran bahan kue. Kebetulan dapet penjual yang jualnya curah, belum dikemas. Goodluck

  1. Apakah minyak kelapa yang dibuat sendiri di rumah sama dengan minyak kelapa yg dijual? untuk hal ini, bisa ga kita pakai minyak kelapa yg dibuat sendiri?

    1. Hi, nah ini saya kurang tahu ya krn blm pernah membuat minyak kelapa sendiri ūüôĀ tp kl liat2 di gugel kurang lebih sama yaa dg minyak kelapa beli di toko yang virgin. Jadi harusnya ngga ada masalah.

    2. sekedar berbagi pengalaman, saya memakai baking soda dan vco buatan sendiri dan saya rasa baik baik saja.. rasa baking sodanya hilang dan cuma terasa gurih kelapa saja seperti makan biskuit.. tp saya belum memakai eo peppermint sih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *