Regrow Sayuranmu

Regrow Sayuranmu

Menumbuhkan sayuran dari biji itu keren, tetapi menumbuhkannya dari sisa-sisa dapur lebih keren lagi.

Memang sedikit lebih effort daripada langsung beli di toko contohnya, tapi banyak manfaatnya lho. Selain menghemat, membuat ruangan lebih cantik, juga mengurangi tempat plastik yang biasanya digunakan untuk membungkus sayuran ini di supermarket. Pastikan kalian menggunakan sisa-sisa segar dan ingat untuk memperhatikan tanaman kalian dengan memberikan air dan cahaya yang cukup.

Ada banyak sayuran yang bisa ditumbuhkan, dan berikut ini beberapa level dari yang mudah hingga susah. Semuanya doable kok termasuk yang susah, hanya aja memerlukan tingkat kesabaran yang lebih tinggi untuk menunggu dan merawat.

Mudah

1. Daun Bawang

Menumbuhkan daun bawang dari akarnya adalah sayur yang paling mudah untuk ditumbuhkan kembali. Potong ujung daun bawang setelah digunakan sekitar 2 cm. Letakkan di suatu tempat yang memungkinkan daun bawang untuk berdiri. Isi dengan air dan ganti air setiap hari. Berikan cahaya yang cukup di sebelah jendela. Hasilnya bisa dilihat dalam seminggu. Saat akan digunakan potong dengan gunting dan biarkan tumbuh lagi.

2. Daun Bawang Putih (Garlic sprout)

Pasti pernah kan menemukan bawang putih kalian tumbuh daunnnya, jangan dibuang, tumbuhkan saja. Karena banyak manfaatnya salah satunya sebagai anti oksidan. Rasanya lebih mild dari daun bawang. Caranya mudah, letakkan bawang putih di air dan ganti air setiap hari, beri cahaya matahari yang cukup. Sama seperti daun bawang, saat akan digunakan potong dengan gunting dan biarkan tumbuh lagi.

3. Lettuce, cabbage

Letakkan ujungnya diair. Bisa dibiarkan di air atau dipindah ke tanah jika ingin (opsional). Dengan tanah, ukurannya bisa 2x dari ukuran di air.

Source: Pinterest

4. Wortel

Letakkan ujung atas ke air dan biarkan selama 5 hari, setelah tunas tumbuh sedikit pindahkan ke tanah di dalam pot yang agak dalam. Sekitar 1-2 bulan, wortel akan bisa diambil dan dikonsumsi.

Picture: Pinterest

5. Basil, cilantro

Potong sekitar 2 cm (batang dan daun). Letakkan di air dan ganti air setiap hari. Kamu akan punya endless stock of these veggies. 

Source: Pinterest

Medium

6. Sereh/ Lemon grass

Bagian bawah tangkai serai terlalu keras untuk digunakan dalam memasak. Sisa tangkai ini bisa diletakkan di air selama sekitar 3 minggu. Akar akan mulai tumbuh, saat itu terjadi pindahkan ke pot dengan tanah dengan asupan cahaya yang cukup.

Picture: Pinterest

7. Sawi atau pak choi

Setelah selesai memasak menggunakan pak choi, ujungnya bisa diletakkan di dalam air. Dalam seminggu akan tumbuh tanaman. Jangan lupa diganti air setiap 2 hari sekali paling tidak. Bisa dipindahkan ke tanah bisa juga tidak. Pada umumnya, di tanah dia akan lebih cepat tumbuh.

Susah

8. Jahe

Butuh beberapa bulan untuk bertunas dan hingga satu tahun bagi tanaman untuk menumbuhkan akar panen, tetapi setidaknya proyek ini mudah pemeliharaannya. Pilih beberapa rhizoma yang memiliki beberapa tunas. Kalian akan melihat tunas kehijauan di ujung rimpang. Pastikan memilih akar yang gemuk dan sehat, lalu pisahkan ke dalam potongan yang memiliki beberapa tunas yang bagus. Jika mereka layu dan kering kemungkinan besar mereka tidak akan memulai. Rendam jahe semalaman di air. Kemudian pindah ke tanah.

9. Avocado

Menumbuhkan tanaman alpukat membutuhkan banyak perhatian, dan akan memakan waktu antara 2 hingga tiga belas tahun untuk menghasilkan alpukat. Jika kalian merasa ambisius dan memiliki banyak waktu luang, kenapa enggak nyoba? Temukan caranya disini.

10. Kentang, Sweet Potato

Caranya bisa dilihati disini.

Just have fun. Imagine that this is much better than throwing away all those potentials to the trash.

 

Loveeeee

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *