Zero waste dental care

Zero waste dental care

Post kali ini kami akan merangkum dental care swap untuk menggantikan produk-produk konvensional di kamar mandi kalian. Ini adalah salah satu hal yang pertama kali bisa disubstitusi dan yang paling mudah.

Sikat gigi bambu saya dapat dari Bumijo, bisa dilihat di Shop. Selain Bumijo ada juga sikat gigi bambu dari Grow Grin. Sikat gigi ini terbuatdari bambu ini 100% dan bisa banget untuk dikompos.

Pasta gigi DIY

1 bagian Baking soda

2 bagian minyak kelapa

Beberapa tetes minyak esensial pilihan Anda (saya campurkan permen dan adas manis)

Mouthawash DIY

1 gelas air

1 sdm Baking soda

5 tetes minyak esensial Tea tree (sebagai anti-bakteri)

5 tetes Minyak esensial pilihan Anda (seperti pasta gigi saya gunakan adas manis dan peppermint)

Kocok sebelum digunakan

Sikat Gigi Bambu

Ada banyak sekali merek di seluruh dunia saat ini, jadi akan sangat mudah mendapatkannya. Cari sikat gigi bambu yang 100% biodegradable dan terbuat dari bambu yang tidak dikonsumsi panda sehingga tidak mengganggu ekosistem.

Periksalah apakah bulunya terbuat dari bambu atau nilon, jika terbuat dari nilon maka sebelum pengomposan sikat gigi, kamu harus terlebih dahulu mengeluarkan semua bulu nilon dengan menggunakan tang, yang juga dapat didaur ulang di tempat sampah plastik.

Jangan langsung buang sikat gigi bambu yang sudah kurang baik, sikat gigi ini bisa diREPURPOSE dan upcycle sebagai sikat pembersih di kamar mandi, dapur atau taman.

Siwak atau miswak

Siwak merupakan dahan atau akar dari pohon Salvadora Persica yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Siwak sangat baik dan bermanfaat untuk membersihkan dan menyehatan gusi dan gigi. Juga dapat memutihkan dan menghilangkan bau mulut. Pastinya karena ini datangnya dari alam, akan sangat mudah untuk mengembalikannya ke alam. Jadi tidak hanya baik untuk gigi, untuk yang muslim juga baik karena dianjurkan oleh Nabi Muhammad, dan juga sangat baik untuk lingkungan.

Tapi tantangannya, dan alasan mengapa sampai saat ini belum ada di zerowaste.id shop adalah karena susah sekali untuk menemukan siwak yang tidak dibungkus dengan plastik.

Floss

Ada substitusi floss lain yang juga baik untuk kesehatan gigi dan gusi, yaitu tusuk gigi yang flat. Untuk yang benar-benar penggila floss dan tidak bisa hidup tanpanya, sayangnya hingga saat ini belum banyak alternatif di luaran. Tapi saya pernah lihat floss seperti dibawah ini yang dikemas dalam jar kecil, biasanya terbuat dari sutra.

Tongue Scrapper

Ada tongue scrapper yang terbuat dari stainless yang bisa bertahan lama sekali jika dirawat dengan baik dan disimpan di tempat kering.

Foto dari Package Free

 

Please follow and like us:

2 Comments

Submit a comment
  1. Kakak pakai pasta gigi dari baking soda setiap hari? Apa gak bahaya kak? Kan bisa buat gigi keropos kalau dipakai setiap hari??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *