Membuat kaldu sayur dari sisa-sisa sayur

Membuat kaldu sayur dari sisa-sisa sayur

Pernah nggak kalian berpikir kembali mau dibuat apa sisa-sisa sayur atau sayur yang sudah hampir layu di kulkas? Daripada beli kaldu blok sayur, sisa sayur ini bisa digunakan untuk broth / kaldu yang bisa disimpan dan dijadikan bumbu tambahan masakan. Selain mengantisipasi waste dari sayur yang sudah hampir layu, kalian bisa mengurangi sampah alumunium kertas dan kadang juga plastik yang membungkus kaldu blok.

Kalau kalian merasa sayang membuang sayuran-sayuran yang belum sempat dimakan kemudian direbus dan dibuang ampasnya, kalian bisa pakai bekas-bekas yang sudah menguning atau terlupakan. Bahkan kulit bawang pun bisa jadi salah satu bahan. Membuat kaldu di rumah bisa menghemat tiga hal: membuang sayuran yang sudah layu, hemat uang untuk membeli kaldu, dan mereduksi kemasan-kemasan yang nggak perlu.

This is how: Di akhir minggu, cek sayuran-sayuran di lemari es yang mulai menguning. Atau bisa juga simpan sisa sayuran seminggu di container, seperti bagian bawah wortel, paprika, cabe, isinya tomat (yang biasanya suka dibuang), batang kangkung, dll sampai agak banyak untuk direbus sama-sama. Kemarin saya menggunakan bawang putih, bawang bombay, seledri, sisa tahu dari makan malem, wortel, tomat, dan batang sawi. Bisa ditambah seaweed dan jamur kalau ada. Saya tumis dulu dengan olive oil supaya lebih beraroma dan rasanya lebih keluar. Kemudian isi panci dengan air, sedikit garam, merica dan kecap asin tutup. Biarkan mendidih selama satu jam atau sampai rasanya beraroma.. Saring ampasnya kemudian disimpan di botol atau gelas kaca untuk disimpan di kulkas selama paling nggak seminggu. Kalau mau lebih tahan lama, bisa disimpan di dalam freezer.

Gampang banget kan dan gratis! Biasanya yang suka masak dirumah akan selalu menyisakan batang-batang sayuran, bagian atas bawang, kulit bawang, dll. Daripada masuk ke sampah, ini bisa dimanfaatkan untuk bikin masakan kita jadi lebih flavourful. Kalau misalnya bahan-bahan (sisa) ini terasa kurang untuk dibikin vegetable broth, bisa dimasukkan ke freezer dan dibikin bersama-sama saat bahannya sudah cukup.

What to make from vegetable broth: Nggak perlu hanya dibikin sup, tapi bisa untuk merebus kacang-kacangan juga atau untuk buat saus. Rasanya akan lebih gurih daripada dengan air biasa. Selain itu bisa untuk bikin risotto, pasta, couscous, mashed potato, dan lain lain. Saatnya berkreasi…

Manfaatnya: Selain berlaku baik untuk lingkungan tapi juga bagus untuk immune boosting dan penambah vitamin, mineral dan nutrisi dari apa-apa yang terkandung dari bahan yang dipakai. Dan pastinya nggak pake pengawet, jauh lebih sehat daripada beli di supermarket.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *