#tukarbaju

Hidup zero waste tidak hanya berhenti pada pengurangan sampah plastik sekali pakai saja. Jangan lupakan masih banyak jenis sampah lain yang individu hasilkan setiap harinya. Coba tengok isi lemarimu! Apa ada onggokan baju yang tidak pernah kamu pakai lagi disitu?

Lahirnya banyak merek fast fashion (fesyen cepat) dan maraknya industri fesyen di Indonesia tanpa sadar mempengaruhi gaya berbusana khususnya bagi para wanita. Untuk selalu berbelanja pakaian demi mengikuti tren gaya terbaru. Tapi sadarkah kita bahwa pakaian yang kita pakai setiap harinya bisa berbahaya bagi bumi tercinta?

Industri fesyen adalah salah satu industri yang paling berpolusi di dunia dan tidak hanya itu, di tanggal 24 April 2013 dunia dikejutkan oleh insiden robohnya Rana Plaza. Rana Plaza menampung lebih dari 20 pabrik garmen, dan ketika bangunan itu roboh pada 24 April 2013. 1.138 orang tewas dan banyak lagi yang terluka. Tragedi ini menyoroti kondisi mengerikan yang dialami banyak orang di industri garmen.

Berangkat dari latar belakang itu, tahun 2019 ini, Zero Waste Indonesia meluncurkan kampanye #TukarBaju. Sebuah kampanye untuk menciptakan kesadaran bagi masyarakat dan sebagai salah solusi akan sampah fashion dan limbah tekstil di Indonesia.

#TukarBaju memberi alternatif untuk kita yang masih ingin bergaya, berganti mengikuti mode tapi tidak dengan mengkonsumsi hal baru. Memberikan makna baru untuk sebuah kata ‘baru’. #Tukarbaju adalah sebuah konsep dimana orang-orang membawa pakaian bekas layak pakainya lalu menukarnya dengan pakaian milik orang lain. Solusi hemat dan ramah lingkungan untuk tetap berganti-ganti gaya fashion tanpa mengeluarkan biaya untuk membeli pakaian baru.

Zero Waste Indonesia memiliki impian untuk memiliki toko pakaian permanen #TukarBaju, dengan konsep modern dan nyaman sebagai salah satu usaha kami untuk fashion yang zero waste dan mengajak masyarakat menanggulangi sampah tekstil di Indonesia.

Untuk mewujudkannya kami membutuhkan modal awal berupa ide kolaborasi, tenaga, dan tentunya dukungan dana. Dan kami yakin semua bisa terlaksana jika dilakukan bersama-sama.

Dengan langkah mudah dan dukungan dari Bank DBS Indonesia dibawah ini, kamu tetap bisa berdonasi untuk mewujudkan toko #TukarBaju yang akan dikelola Zero Waste Indonesia. 
1. Upload foto tentang usaha atau cerita gaya hidup zero waste yang kamu lakukan sebanyak-banyaknya
2. Tag / mention 3 teman kamu
3. Tag / mention @dbsbankid
4. Gunakan 4 hashtags ini: #LivemoreBankless#RecyclemoreWasteless#IndonesiaBersihSampah2025#ZWIDxDBS

Nilai donasi Rp.1000,- dari setiap foto yang kamu upload akan kami gunakan untuk modal awal toko #TukarBaju.

Mari kita support Ethical Fashion.

Fashionable, affordable, sustainable !

Partnered with

Featured In