#MulaiDariLemari

Industri fesyen dan tekstil merupakan salah satu industri paling berpolusi. Berkontribusi 10% sebagai penyumbang emisi karbon global, lebih banyak dari industri aviasi yang besarnya 2%. Secara umum Indonesia adalah salah satu negara dengan laju fesyen yang dinamis. Tak hanya brand fesyen mancanegara yang memasuki pasar Indonesia. Pesatnya perkembangan brand fesyen lokalpun sangat maju dan diminati oleh berbagai kalangan. Hal ini tentunya menguntungkan bagi perkembangan bisnis nasional namun bagaimana dampak bagi lingkungan dan kemanusiaan yang ditimbulkan?

#MulaiDariLemari (MDL) adalah sub-kampanye #TukarBaju yang digagas oleh Komunitas Zero Waste Indonesia. Caranya sederhana, dengan berkomitmen untuk tidak membeli pakaian baru selama 3 bulan (periode 1 musim) sebagai cara untuk berkontribusi dalam mengurangi sampah fesyen dan limbah tekstil. Periode mulai-berakhirnya dapat diatur oleh masing-masing individu. Dalam periode ini mendapatkan baju baru dengan cara meminjam, menyewa, bertukar, menjahit sendiri, membeli preloved (baju bekas), membeli baru dari brand fesyen berkelanjutan, membeli baru dari brand kecil lokal (terutama untuk mendukung usaha mereka yang terkena dampak pandemi COVID-19) adalah tetap diperbolehkan. Kuncinya adalah semua harus dilakukan secara berkesadaran, sesuai kebutuhan, bukan hanya semata untuk memuaskan hasrat berbelanja pakaian. Dengan menjalankan cara tersebut kita dapat berkontribusi memperpanjang umur pakaian hingga 9 bulan dan dapat mengurangi emisi karbon global hingga 30%.

Memberikan komitmen sederhana seperti ini adalah salah satu upaya kita bersama sebagai konsumen untuk belajar membatasi diri agar terhindar dari konsumerisme dan tentunya untuk melatih agar menjadi konsumen yang lebih bijak. MDL adalah bentuk pendekatan dari Fesyen Lambat berfokus pada bagaimana menjadikan seluruh proses dalam fesyen mulai dari produksi hingga konsumsi menjadi berkelanjutan.

Perubahan besar dimulai dari langkah kecil diri sendiri, sesederhana #MulaiDariLemari !

TUNJUKKAN AKSIMU!

    Hai Saya

    Dengan ini mendaftarkan komitmen saya untuk tidak membeli pakaian baru (hanya akan meminjam, menyewa, bertukar, menjahit sendiri, membeli preloved (baju bekas), membeli baru
    dari brand fesyen berkelanjutan, membeli baru dari brand kecil (lokal) selama 3 bulan mulai dari

    Ini adalah kontribusi saya dalam mengurangi sampah fesyen dan limbah tekstil. Pilihan ini saya
    buat sebagai langkah awal menjadi konsumen yang lebih bijak dan berkesadaran untuk
    sekarang dan untuk hari-hari ke depan dengan #MulaiDariLemari.

    Saya percaya aksi kecil sesederhana #MulaiDariLemari dapat berdampak besar tidak hanya
    untuk diri saya sendiri namun juga lingkungan sekitar.

    75.46%

    3773 dari 5000 berkomitmen

    113 hari lagi

    10 komitmen terakhir

    Caesaria
    berkomitmen 1 jam 14 menit yang lalu

    Caesaria
    berkomitmen 1 jam 15 menit yang lalu

    Retno Sari Dewi
    berkomitmen 3 hari yang lalu

    Farah Dilla
    berkomitmen 6 hari yang lalu

    Farah Dilla
    berkomitmen 6 hari yang lalu

    Kamila Yusra
    berkomitmen 8 hari yang lalu

    Kamila Yusra
    berkomitmen 8 hari yang lalu

    Bening T
    berkomitmen 10 hari yang lalu

    Karenina Maria Tavarez
    berkomitmen 17 hari yang lalu

    OKTI WIJI
    berkomitmen 17 hari yang lalu

    preloader