Gimana caranya melewati masa menstruasi tanpa sampah

Gimana caranya melewati masa menstruasi tanpa sampah

Ada beberapa alternatif cara untuk melewati masa bulanan kita tanpa sampah. Tapi pertama-tama sebenarnya kenapa sih kita perlu memikirkan haid tanpa sampah? Kenapa harus repot-repot mencari alternatif lain?

Fact
Pembalut konvensional atau tampon sekali pakai mengandung pemutih, dioxin, furan, fragrance, dan semuanya adalah endocrine disruptors. Bahan-bahan itu bahkan bisa membuat kram perut semakin parah. Di dalamnya terdapat kapas konvensional yang biasanya menggunakan banyak pestisida. Saat kita mengetahui ini, masih mau memasukkan atau menggunakan ini di area sensitif kita?

Selain karena kandungannya, packaging dari pembalut atau tampon ini mengandung plastik-plastik yang hanya digunakan sekali kemudian berakhir di tempat pembuangan sampah. Ketika dijumlah, dalam masa hidupnya, 1 wanita bisa menghabiskan 11000 tampons atau pads. Bayangkan sebagaimana banyaknya jika dijumlah dengan wanita-wanita lainnya di seluruh dunia.

Dengan penjelasan di atas, maka concern-nya ada 2, yaitu kesehatan dan lingkungan.

Ada beberapa alternatif selain pembalut dan tampon konvensional sebagai berikut

Reusable Menstrual Cotton Pad

Menstrual cotton pad ini tidak hanya sekali pakai melainkan bisa dicuci keringkan kemudian dipakai kembali. Ada berbagai ukuran dari pad ini, biasanya size panty liners, small, medium and large. Cara pemasangannya sama persis dengan pembalut biasa, namun kancing yang digunakan untuk menempelkan ke celana sebagi pengganti rekatan lem. Setelah penuh, kalian bisa membilasnya. Dikucek dan diperas sehingga menjadi bersih kembali kemudian bilas dengan air bersih dan gantungkan sampai kering, setelah kering masukan ke dalam keranjang dan cuci bersama pakaian-pakaian yang lain. Kata para pemakai setia, cotton pad ini bisa bertahan hingga 6-10 tahun. Menstrual pad bisa didapat disini. Bagi kalian yang suka travelling atau aktif diluar, bawa selalu wet bag. Mini wet bag bisa didapat disini dan bisa menampung sebanyak 5 pads. Saat sudah sampai di rumah, baru lanjut dicuci.zero-waste-menstrual-pad-color-top

Menstrual Cup

Banyak yang beranggapan bahwa cangkir menstruasi itu sangat mengubah hidup walaupun di awal pasti sangat tabu karena bentuknya. Menstrual cup atau yang biasa disebut cangkir menstruasi ini berbeda karena benda ini tidak menyerap darah, melainkan menampungnya. Cup ini terbuat dari medical silicon dan sangat aman tanpa efek samping apapun selama kita bisa selalu higienis. Pelek atau lingkaran-lingkaran dari cangkir yang menempel di dinding vagina bisa memberi sedikit tekanan yang mengurangi kram. Iya, cangkir menstruasi dapat membantu mengurangi kram. Menstrual cup hanya perlu diganti setiap 10-12 jam.

Setelah cup penuh, kita bisa menggunakan stem (ujung batang) untuk membantu mengeluarkannya juga dengan kegel atau gerakan menahan pipis. Setelah cupnya sudah turun kebawah, kamu dapat menekan di satu sisi cangkir untuk mengeluarkan udaranya dan release hisapannya. Tuangkan darah menstruasi ke toilet dan kemudian bilas cangkir dan masukkan kembali.

Satu hal yang benar-benar membantu pada awalnya adalah menggunakan lubricant untuk mengetahui bagaimana cara memasukkannya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menggunakan cangkir menstruasi, lihat post sebelumnya disini.

Celana menstruasi

Mereka terlihat seperti celana biasa, tetapi mereka menyerap darah hingga dua tampon tergantung tipenya. Bentuk, tipe dan ukurannya ada bermacam-macam, ada yang berbentuk thong sampai celana dalam heavy duty. Menurut review, celana ini super nyaman, dan konvinien tanpat khawatir bocor. Salah satu brand terkenal adalah Thinx. 

Celana menstruasi ini bisa dibersihkan dengan cara yang sama dengan reusable cotton pad. Setelah digunakan, bilas dan tunggu sampai kering kemudian masukkan ke laundry. Celana ini tidak bisa dimasukkan ke dalam pengering, jadi harus digantung dan diangin-anginkan.

Image result for hiphugger panties thinx

Nah banyak kan sebenernya pilihan-pilihan lain selain menggunakan konvensional disposable pembalut? Selamat memilih alternatif!!!!

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *