5 Tips untuk menghindari Food waste

5 Tips untuk menghindari Food waste

Selain sampah plastik, sampah makanan adalah salah satu permasalahan yang juga mengancam bumi kita. Di Eropa, kira-kira 88 million ton sampah makanan tiap tahunnya. Cukup untuk menyelesaikan masalah kelaparan di dunia. Membuang makanan bukan hanya masalah etika dan ekonomi tetapi juga menghabiskan lingkungan sumber daya alam yang terbatas. Kali ini saya mau share 5 cara untuk menghindari sisa makanan dan panduan zero waste untuk menyimpan makanan selama-lamanya!

Plan your groceries, check inventories

Seberapa sering kita belanja mingguan tanpa cek apa yang kita punya di kulkas atau di lemari. Take times untuk melihat kebutuhan kita dan merencanakan apa yang mau kita beli. Untuk orang yang organized, ini nggak akan jadi masalah, tapi untuk orang yang berantakan, they will hate it. But you know, it’s very worth it.. List ini akan menjadi guide kita dalam belanja di supermarket. Tidak hanya memudahkan experience berbelanja, tapi juga hemat karena yang dibeli benar-benar kebutuhan. Knowing what we have in our inventories make us easy to plan cooking as well.

Buy just enough weekly

Seberapa sering kita belanja terlalu banyak makanan yang akhirnya kita tidak bisa makan semuanya karena keburu busuk? Beli sesuai dengan kebutuhan. Kita selalu bisa mampir toko (apalagi jika dekat) untuk membeli sayuran yang kurang daripada membeli terlalu banyak kemudian menjadi busuk di laci kulkas. 
Kenapa weekly? Karena biasanya kalau beli harian, kita beli saat kita sudah lapar/kepepet dan akhirnya jadi pengen beli ini itu. Jangan belanja saat kita sedang lapar mata. Seringkali kelaparan mata lebih besar dari kelaparan perut. Control yourself dan beli secukupnya!
Store it properly
Simpan makanan di tempat yang baik agar bahan makanannya bisa lebih tahan lama.

Herbs

Contohnya mint, celery, daun bawang, letakkan di dalam a jar of water. Letakkan di kulkas, kesegarannya akan stay kira-kira 1-2 minggu.

Apple, banana, avocado

Simpan di temperatur ruangan, entah itu di atas meja makan atau di atas counter dapur. Selain karena gampang untuk digapai, menyimpan buah-buah ini diluar believe it or not akan stay fresh lebih lama.

Onions, galric and potatoes:

Bahan-bahan ini harus disimpan di tempate gelap dan pisah dari bahan makanan lainnya. Jangan disimpan di dalam kulkas.

Mushrooms  and berries

Letakkan di container yang tutupnya tight supaya nggak lembab dan terjaga kesegarannya. Jangan dicuci sampai waktunya mau dimakan. They should keep for up to two weeks. 

Meal Prep

Meal prep ini mengurangi waktu persiapan terutama untuk kalian-kalian yang sibuk. Dengan meal prep kita bisa dengan mudah memasak karena sebelumnya sudah disiapkan. Dan saat kita pulang kantor terlalu lapar, bukan menjadi alasan untuk beli makan diluar, karena waktu memasak akan jauh berkurang dengan adanya meal prep.

Kita juga bisa masak besar dan menyimpannya di kulkas. Makanan yang kita buat sudah pasti utilise bahan-bahan makanan yang kita miliki.

Potong-potong saja semua hari ini, besok-besok tidak perlu lagi memotong talenan atau mengotori pisau lain. Keep it simple.

Utilise your scraps

Pernah nggak kalian berpikir kembali mau dibuat apa sisa-sisa sayur atau sayur yang sudah hampir layu di kulkas? Bikin jadi kaldu sayur! Membuat kaldu di rumah bisa menghemat tiga hal: membuang sayuran yang sudah layu, hemat uang untuk membeli kaldu, dan mereduksi kemasan-kemasan yang nggak perlu. Ikuti cara membuatnya disini.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *