#PLASTICFREEJULY

#PLASTICFREEJULY

Beberapa dari kalian, terutama yang sedang menggeluti dan belajar-belajar mengenai konsep zerowaste pasti sering melihat hashtag ini riwa riwi dinewsfeed kalian. Entah itu di instagram maupun di facebook. Sebenernya ada apa sih dengan hashtag itu?

Jadi Plastic Free July adalah gerakan global yang dipelopori oleh orang-orang di Australia Barat yang secara dramatis mengurangi penggunaan plastik dan meningkatkan proses daur ulang. Visi dan mimpi mereka sangat besar yaitu dunia tanpa sampah plastik. Lebih dari 2 juta orang dari 159 negara memilih untuk menjadi bagian dari tantangan Plastic Free Juli tahunan, mengurangi konsumsi plastik sekali pakai pada bulan Juli dan harapannya menjadi terbiasa dan jadi seterusnya.

Gerakan ini diawali pada tahun 2011 di Australia Barat dari hanya segelintir peserta. Saat ini sudah ada hingga jutaan peserta di lebih dari 159 negara di seluruh dunia saat ini. Transformasi yang luar biasa ini membawa orang-orang atau tim dibalik #plasticfreejuly ini menjadi yayasan amal independen.

Dengan mendorong orang-orang untuk lebih sadar akan penggunaan plastik mereka, kita dapat menciptakan dunia yang lebih bersih untuk generasi mendatang. Plastik adalah hal yang sangat mudah didapat, murah dan praktis, saat seseorang tidak aware akan dampaknya, akan susah sekali mengurangi. Jadi gerakan ini sangat mendukung perubahan perilaku dan membantu orang-orang untuk terbiasa #choosetorefuse tas plastik belanja, sedotan plastik, wadah takeaway dan coffee cup dll.

Kampanye Plastic Free July meningkatkan kesadaran akan masalah sampah plastik yang terus berkembang dan mendukung perubahan perilaku dengan membantu orang-orang menghindari plastik sekali pakai. Tetapi ini bukan hanya tentang mengubah perilaku kita sendiri, kita ingin mengukur dampak kita dengan berbagi solusi dan menjadi bagian dari gerakan perubahan yang lebih luas. Kelompok komunitas, bisnis, sekolah, dan organisasi lain juga dapat berpartisipasi dalam Plastik Gratis Juli – mulai dengan perangkat sumber daya yang praktis. Semangatt!

Gimana cara joinnya?

Copied dari sini

How to get started with the #choosetorefuse challenge this Plastic Free July:

Step 1: Sign up to be counted and we’ll email you tips and recipes throughout July.

Step 2: Take the Pesky Plastics Quiz to help you track down where your plastics come from.

Step 3: Choose what you will do:

  • avoiding the plastics that seem to fill your recycling bin;
  • targeting the takeaway items that could end up in the ocean;
  • going completely plastic free (finding alternatives to everything) for a day, week, month or more.

Check out our Action Picker for more Plastic Free July ideas.

Step 4: Explore our Toolbox Tab and spread the word through:

  • Chatting with and challenging friends;
  • Running a plastic free morning tea;
  • Posting your successes on social media;
  • Posting the challenge the old fashion way (with posters about town);
  • Asking your local café or shop to seek alternatives;
  • Pressing for policy change on container deposits, packaging standards, bag bans or action to outlaw microbeads.

Step 5: Share your challenge and progress on social media, tag @PlasticFreeJuly and use the #PlasticFreeJuly and #ChooseToRefuse hashtags.

Cara lain?

Zerowaste.id juga mengadakan dan sangat ingin mendorong orang-orang untuk juga ikut berperan. Atau paling tidak, lebih aware lagi dan memulai untuk melukan sesuatu untuk bumi. Untuk 2 zerowaster yang beruntung akan mendapat tas limited edition di foto ini utk belanja dan juga sedotan bambu serta brushnya. Let’s join the movement and enrich this community 💚
This is how to enter
1. Follow our ig and tag 3 people in the comment here (hope they follow us too)
2. Berpikirlah dua kali saat akan membeli sesuatu dengan single use plastik (buah, belanjaan, sedotan,coffee, minuman, dll) dan swap dengan barang2 reusable. Use your creativity.
3. Post foto2 hasil diet plastik dan kreatifitasmu dengan #zerowasteidfreejuly di sepanjang bulan juli ini. Foto2 ini akan kami repost untuk saling memberi inspirasi.
4. Kami akan memilih 2 pemenang di akhir juli.

Semangat berdiet plastik!!

Please follow and like us:

5 Comments

Submit a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *