Cara membuat Loofah di rumah

Cara membuat Loofah di rumah

Membuat loofah ini sederhana tetapi membutuhkan proses. Loofah ini terbuat dari Labu atau Oyong halus yang sudah dikeringkan. Biasanya mengambil oyong lufah yang agak cenderung lebih besar dari oyong biasa.

Ini bahan-bahan yang dibutuhkan:

– Labu/ Oyong halus/ Budru
– Air
– Ember
– Gunting tajam jika ingin membuat ukurannya lebih kecil/pendek

1. Kupas

Ketika labu sudah kering dengan benar di pohon (berwarna coklat, enteng dan jika dikocok akan mengeluarkan suara benturan dari biji-biji), yang tersisa adalah kulit kering di luar dan serat buah di dalamnya. Lebih mudah mengupas kulitnya tetapi kita harus berhati-hati agar tidak merobek seratnya. Pecahkan kulit menggunakan jari-jari. Sangat mudah untuk menghancurkan serat ketika dikeringkan. Jadi harus hati-hati.

Perhatikan bahwa ada biji kering di dalam. Buang bijinya dari dalam dengan cara menghentakkan buahnya. Langkah ini harusnya mengeluarkan sekitar 95% dari biji di dalamnya. Kemudian letakkan labu di lantai dan pukul dengan ringan dengan tangan untuk membuat retakan di kulit
Mulailah mengelupaskan kulit dengan menarik kulit dari retakan, dengan cara ini kalian tidak akan merobek serat apa pun.
Labu yang sudah dikupas akan menghasilkan serat loofah. Kemudian dibutuhkan beberapa pembersihan sebelum kita mulai menggunakan loofah ini.

2. Pembersihan

Kenapa nggak langsung digunakan aja? Nah serat labu kering ini mungkin masih mengandung getah yang akan membuat jadi lengket. Setiap labu bisa jadi berbeda, beberapa mungkin memiliki serat yang bersih dan mungkin tidak memiliki kulit kering di dalamnya. Tetapi sebagian besar serat memiliki serpihan kulit dan biji yang terjebak di dalam serat. Jadi membersihkan tetap menjadi pilihan dan antisipasi yang baik.

Caranya, ambil ember penuh dengan air hangat atau air yang cukup untuk menenggelamkan serat. Rendam serat selama satu menit dan kemudian diperas-peras, air akan berubah menjadi lebih kotor dan akan keluar serpihan dan beberapa biji. Ulangi ini 2-3 kali dengan air hangat yang bersih. Kemudian peras untuk mengeluarkan kelebihan air.

Bau tak sedap mungkin masih ada. Kemudian tuangkan sabun atau essential oil favoritmu. Diperas-peras dan biarkan selama satu atau dua menit. Bilas lagi dengan air untuk mengurangi air. Kemudian biarkan di permukaan yang kering.

3. Pemotongan

Bisa dipotong sesuai selera, kecil ataupun besar tergantung ingin digunakan sebagai apa.

Tips pemeliharaan

Ketika selesai menggunakannya di kamar mandi, bilas dengan air dan taruh di piring sabun. Terkadang keluarkan dan keringkan agar tidak selalu lembab.
Jika ingin menggunakannya untuk anak-anak, rendam dalam air hangat selama beberapa detik atau masukkan ke dalam microwave selama 20 detik, kemudian gunakan.

Please follow and like us:

2 Comments

Submit a comment
    1. Hi Mbaa Nini, mengoreksi jawaban sebelumnya. Loofah dikeringkan di pohon ya.. Jadi jika warnanya sudah coklat, menjadi enteng dan ada suara-suara bijinya, maka sudah siap dipanen 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *