Apakah baking soda berbahaya?

Apakah baking soda berbahaya?

Berikut ini adalah menjadi pertanyaan-pertanyaan yang sangat lumrah mengenai zerowaste dental care

“Apakah soda kue aman untuk digunakan setiap hari?”

“Apakah saya akan merusak gigi saya jika saya menyikat dengan baking soda?”

Ini hanyalah beberapa dari sekian banyak pertanyaan seputar keamanan baking soda yang kami dapatkan dari kalian.

Ada pakar yang mengklaim bahwa kita tidak boleh menyikat gigi dengan soda kue karena keausan yang biasa disikat dengan soda dapat menyebabkan gusi yang tidak sehat dan gigi menjadi enamel.

Resiko menggunakan baking soda

1.Abrasive

Ada istilah yang digunakan dalam dunia produk kebersihan mulut yang disebut Relative Dentin Abrasivity (atau RDA). RDA peringkat abrasivity dari nol hingga lebih dari 200, dengan yang lebih rendah pada skala bahan yang kurang kasar. Soda kue hanya 7 pada skala RDA. Skala itu masih sangat aman untuk digunakan di gigi manusia.

2. Alumunium di baking soda

Ini adalah mitos umum. Soda kue tidak mengandung aluminium. Terlepas dari kebingungan yang disebabkan oleh beberapa produsen produk yang melabeli ‘aluminium free baking soda’ pada daftar bahan mereka, baking soda tidak memiliki aluminium di dalamnya.

Kebingungan berasal dari fakta bahwa beberapa baking powders (bukan baking soda) memang mengandung turunan aluminium.

Here are the benefits..

1. Mendukung pH oral yang lebih sehat

PH mulut kita memainkan peran besar dalam menentukan populasi bakteri apa yang berkembang di mulut kita. Secara umum diketahui bahwa pH yang lebih rendah (lebih asam) di mulut, semakin besar risiko kerusakan gigi. (Enamel demineralisasi terjadi pada pH 5,5 dan lebih rendah)

Menggunakan baking soda dapat membantu mendukung pH oral yang lebih basa. Dengan pH 8.3, baking soda dengan lembut menyenggol lingkungan mulut kita ke tempat yang lebih sehat.

2. Baking soda menurunkan jumlah bakteri jahat

Banyak penelitian menunjukkan bahwa baking soda benar-benar dapat membantu menurunkan populasi serangga jahat di mulut. Baking soda adalah alat pendukung yang efektif untuk mengurangi patogen periodontal. Soda kue adalah natrium bikarbonat, jadi ini adalah garam. Semua garam secara alami bersifat antimikroba.

3. Membantu menghilangkan noda ekstrinsik dari gigi

Iya, baking soda bisa menghilangkan noda pada gigi. Tidak hanya pada gigi tapi pada apapun.

Inilah strategi untuk menggunakan baking sodar untuk menggosok gigi …

Anggap kita menyikat dua kali sehari, mulailah pada satu sisi mulut di pagi hari dan sisi lain di malam hari. Cara mudah untuk mengingat ini adalah ‘pada malam hari, mulai dari kanan’. Jadi, setiap pagi mulai menyikat di sisi kiri mulut kalian dan setiap malam, di sebelah kanan. Karena baking soda hilang di mulut selama 20 detik, jadi supaya rata dan nggak hanya memberi efek di satu sisi, menyikatnya harus bergantian.

Dengan cara ini, kita bisa menyebar bubuk gigi ke berbagai area di sekitar mulut. Ini tidak hanya akan menurunkan risiko menyikat satu area tetapi juga meningkatkan manfaat menggunakan produk di seluruh mulut.

Source: https://bit.ly/2uI6oSB

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *