Karet Rambut

Karet Rambut

Benda satu ini adalah must-have untuk wanita bahkan lelaki yang memiliki rambut yang cukup untuk dikuncir. Sayangnya tanpa banyak kita ketahui dan pikir panjang bahwa sebenernya karet rambut adalah rubbish. Bukan dalam arti kata harfiah tapi karet rambut biasanya dibuang-buang karena ukurannya yang tidak signifikan dan selalu berakhir menjadi sampah. Nggak banyak yang tahu bahwa karet rambut ini terbuat dari inti karet sintetis yang dikelilingi benang poliester/ microfiberyang berarti tidak dapat dikomposkan, didaur ulang, juga tidak dapat digunakan kembali.

Dibawah ini ada beberapa alternatif dan cara untuk menguncir atau membuat rambut jadi lebih rapi

  1. Punya rambut pendek – DOH! 🙂 Selain trendy, rambut ini juga ekonomis juga lebih praktis. Plus nggak perlu karet rambut
  2. Bobbypins – Selain dengan karet rambut, bobby pins juga bisa menjadi salah satu alternatif. Mungkin memang tidak sekencang dan semudah dengan karet rambut, namun bobby pins cukup untuk menghalau rambut dari muka. Bahkan saat kita sering berlatih dan semakin pro dengan ini, bobby pins juga akan berfungsi sebagai tusuk konde.
  3. Chop sticks atau hair stick – Rambut bisa dicepol lebih mudah dan trendy dengan chop sticks atau hair stick ini
  4. Make it yourself – Kalau kalian punya akses ke kain rajut atau kaus, kalian bisa membuat ikat rambut sendiri. Hanya dengan memotong dan menyimpulkan kedua ujungnya, jadilah kuncir rambut. Dengan membuat sendiri, kalian jadi bisa bebas memilih warna atau pola yang disuka. Dan jika kalian memilih serat alami, seperti katun atau linen, bahan-bahan tersebut akan dengan mudah bisa dikompos.
  5. Headscarf – Sebenernya hampir mirip dengan ‘make it yourself’ di atas, hanya saja dengan headscarf makan kalian hanya perlu membuka lemari dan menggunakannya. Tips: jangan memilih bahan yang licin.

Selain itu, cara untuk mendapatkan karet rambut elastis selain membeli baru adalah AMBIL DARI JALAN. YES YES, AMBIL DARI JALAN. Banyak sekali lho bisa kita temukan di jalanan karet rambut yang jatuh dan biasanya masih dalam kondisi yang bagus hanya mungkin sedikit kotor. Setelah kita ambil, kita bisa cuci dengan sabun atau shampoo kemudian dikeringkan dan bisa digunakan kembali. Dan setelah karet itu sudah berubah bentuk dan tidak dapat digunakan kembali, repurpose-lah menjadi karet untuk kabel, makanan, dll.

BAHAYA MICROFIBER

Biasanya karet rambut itu terbuat dari kain yang mengandung microfiber sintetis. Tapi apa sih Microfiber itu?

Microfiber sintetis sangat berbahaya karena berpotensi meracuni rantai makanan. Ukuran serat juga memungkinkan mereka untuk mudah dikonsumsi oleh ikan dan satwa liar lainnya. Serat-serat plastik ini memiliki potensi untuk berakumulasi, memusatkan racun di tubuh hewan yang lebih besar, lebih tinggi dari rantai makanan.

Setelah kain kalian mencapai mesin cuci/air, kain sintetis melepaskan untaian kecil yang disebut microfibers. Ini adalah potongan plastik yang sangat kecil, persis seperti microbeads yang ditemukan dalam kosmetik.

Setiap kali kita menjalankan mesin cuci Anda, ratusan ribu microfiber mengalir ke saluran pembuangan. Banyak yang mencapai pantai dan lautan di mana mereka dapat bertahan selama ratusan tahun.

Ditelan oleh ikan dan sealife lainnya, mikroplastik bergerak ke rantai makanan, di mana mereka berakhir di piring kita.

Bisa dibaca lebih lanjut here

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *