DIY Deterjen Sehat

DIY Deterjen Sehat

Membuat deterjen buatan sendiri adalah salah satu bagian termudah dari transisi menuju ke natural dan zerowaste living. Sabun cucian alami ini cara yang baik untuk menghemat uang pada deterjen (yes, zerowaste living is all about saving :)) dan sangat mudah untuk dibuat.

Kenapa harus mengganti deterjen biasa?

Tahukah kamu bahwa deterjen pencuci konvensional mengandung bahan kimia seperti sulfat, perfume, fenol dan banyak lagi? Banyak merek mengandung hal-hal seperti petroleum distillates, yang terkait dengan kanker dan penyakit paru-paru. Wewangian dalam deterjen ini terbuat dari campuran bahan kimia berbahaya.

Bagaiamana cara membuat deterjen sendiri?

Deterjen ini relatif mudah untuk dibuat, kita hanya membutuhkan 3 hal esensial yaitu,

  • 1 cup Washing Soda – beda dengan baking soda (biasanya Arm and Hammer Brand)
  • 1 cup Borax
  • 1 bar Sabun batang (natural, unscented bar soap)
  • Parutan untuk sabun batang

Aduk semuanya selama beberapa menit dan bisa langsung digunakan. Untuk deterjen yang lebih halus kalian bisa menggunakan blender atau food processor.

Untuk cucian ringan bisa menggunakan 1 sendok makan.

Washing soda dan Borax biasanya tersedia di supermarket. Sabun batang alami biasa dijual di bagian kesehatan, kecantikan atau organik baik di dalam toko fisik maupun online.

 

Beda antara baking soda dan washing soda?

Washing soda adalah nama umum untuk Sodium Carbonate (Na2CO3). Washing soda tidak dapat dikonsumsi seperti halnya baking soda, tidak boleh dihirup dan dapat merusak mata. Sarung tangan harus dipakai saat menggunakan soda ini. Baking soda adalah nama yang biasa digunakan untuk Sodium Bicarbonate (NaHCO3). Soda kue adalah basa ringan yang biasa digunakan sebagai bahan ragi untuk mengembangkan kue. Ini dapat dimakan dan cukup ringan untuk digunakan sebagai pasta gigi atau diambil sebagai antasida. Soda kue dapat dimakan tetapi tidak boleh dihirup dan juga dapat mengiritasi mata.

Kalau tidak bisa menemukan washing soda, kalian bisa membuat washing soda sendiri dari bahan dasar baking soda. Untuk detil caranya bisa dilihat disini.

Aman untuk septic tanks dan pembuahan

Ini adalah sabun cuci terbaik untuk digunakan dengan septic tank karena mengandung zero phosphates. Ini juga benar-benar tidak beracun sehingga tidak akan membahayakan bakteri septik seperti deterjen beracun dan sabun antibakteri.

Apakah borax beracun?

Borax is only as toxic as baking soda or table salt. Asal selalu hati-hati dan dihirup terlalu dalam. Kalau hanya digunaakn sebanyak resep di atas, you will be okay.

Just make sure you don’t confuse borax with boric acid, the two are NOT the same.

 

Selamat mencoba!

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *